16 November

Aturan Sinus dan Aturan Kosinus dalam Segitiga (Konsep Trigonometri 1)



Dalam trigonometri juga dipelajari tentang Aturan Sinus dan Aturan Kosinus (Sine Rule Formula and Cosine Rule Formula).
Apa manfaat Aturan Sinus dan Kosinus dalam segitiga? Coba kalian simak beberapa permasalahan yang muncul di seputar segitiga berikut.
1.   Diketahui segitiga sembarang dengan panjang sisi-sisinya 4 cm, 5 cm, dan 8 cm. Tentukan besar setiap sudut dalam segitiga tersebut.
2.  Diketahui segitiga PQR memiliki sudut P = 30o, sudut Q = 45o dan sudut R = 105o. Jika panjang sisi QR = 12 cm, tentukan panjang sisi PQ dan PR.
3.   Diketahui segitiga sembarang ABC dengan panjang AB = 6 cm dan AC = 8 cm. Sudut yang diapit kedua sisi tersebut adalah 30o. Tentukan panjang sisi yang ketiga.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan segitiga. Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan menggunakan Aturan Sinus dan Aturan Kosinus (Sine Rule Formula and Cosine RuleFormula). Bagaimana cara menggunakan rumus Aturan Sinus dan Aturan Kosinus?
Memang benar bahwa ketika terdapat permasalahan yang berkaitan dengan segitiga, dan tidak bisa dipecahkan secara sederhana, maka solusinya adalah menggunakan trigonometri. Sekarang marilah mempelajari Aturan Sinus dan Aturan Kosinus.















Jawaban
Diketahui:
sudut P = 40o, sudut Q = 75o, dan sudut R = 65o
Panjang QR = 24 cm
Untuk mencari keliling PQR, langkah pertama harus menentukan panjang sisi-sisinya terlebih dahulu. Jadi, panjang PQ dan PR harus ditentukan terlebih dahulu.







Demikianlah sekilas materi tentang Aturan Sinus pada konsep trigonometri yang dapat kami sampaikan.



Materi selanjutnya tentang Aturan Kosinus dapat Anda klik di bawah ini.



No comments:

Post a Comment