31 May

Pembahasan SOAL Ujian Sekolah / Madrasah (US/M) SD 2016 (Matematika) Bagian 2

Mari kita lanjutkan membahas Soal Ujian Sekolah/ Madrasah  Tahun 2016 yang berlangsung Mei 2016 kemarin.
Nomor selanjutnya


Jawaban : C

Permasalahan tentang debit fokuslah pada satuan dan rumusnya.

Satuan di atas lebih baik dijadikan menit.

30 detik menghasilkan 2 liter, sehingga

60 detik (1 menit) menghasilkan 4 liter.

Dengan kata lain debit air adalah 4 liter/menit



Volume = Waktu x Debit

            = 6 x 4

            =  24

Jadi, volume air adalah 24 liter





Jawaban: C

Bangun di atas terdiri atas bangun persegi dan trapesium siku-siku.

Panjang sisi persegi adalah 7 cm.

Sehingga tinggi trapesium adalah 8 cm.

Luas persegi = s x s

                   = 7 x 7

                   = 49 cm2



Luas trapesium = (a + b)/2   x  t

                       = (7 + 12)/2  x  8

                       = 19/2  x  8

                       =19 x 4

                       = 76 cm2



Luas bangun = Luas persegi + Luas Trapesium

                    = 49 + 76

                    = 125 cm2




Jawaban: D

Berdasarkan letak koordinat di atas diperoleh gambar seperti berikut.
Jadi, koordinat titik D adalah (-2, 4).

Jawaban : C
Mari kita hitung penjualan buah mangga setiap hari.
Hari Minggu    = 40
Hari Senin   = 20
Hari Selasa = 35
Hari Rabu    = 50
Hari Kamis   = 15
Jumlah       = 160

Rata –rata = Jumlah / banyak hari
                = 160/5
                = 32 kg
Jadi, rata-rata penjualan adalah 32 kg.


Demikian pembahasan SOAL US/M SD 2016.

Pembahasan SOAL Ujian Sekolah SD/MI Tahun 2016 (Matematika)

Selamat bagi adhik-adhik kelas VI yang saat ini sudah menempuh Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) di tahun 2016 ini. Semoga kalian semua sukses seperti apa yang diharapkan.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami akan memberikan beberapa jawaban dan pembahasan dari SOAL Ujian Sekolah khusus mapel Matematika. Dan dalamkesempatan ini hanya saya berikan jawaban 8 soal yang besar kemungkinan sama dari seluruh Indonesia.

Berikut soal-soal yang sudah kami pilih untuk dibahas di sini.










Jawaban : D

450 – 125 + (-130)

= 450 – 125 – 130

= 325 – 130
= 195



Jawaban: D

28     = 2 × 2 × 7 = 22 × 7

42     = 2 × 3 × 7

76     = 2 × 2 × 19 = 22

FPB    = 2

(FPB dicari dengan mengalikan faktor-faktor yang sama dari ketiga bilangan tersebut)






Jawaban : C

Dalam mengurutkan pecahan lebih enak dan gampang seluruh pecahan dibuat bentuk desimal dahulu.(bagi yang belum bentuk pecahan desimal)

1,6 (sudah desimal)

30% = 0,3

7/4 = 1,75

1 2/6 = 1,333

Urutan dari yang terbesar : 1,75 – 1,6 – 1,33 – 0,3

Atau

7/4  -  1,6 – 1 2/6  -  30%




Jawaban : A

Sebaiknya bentuk pecahan kita ubah ke bentuk pecahan perseratus dahulu atau ke desimal dahulu.
Bagian bukupelajaran yang disumbangkan.
= 100% - 45% - 0,25
= 1,00 - 0,45 - 0,25
= 0,55 - 0,25
= 0,3
= 3/10


Untuk 4 nomor berikutnya.. Klik di bawah ini.